Langsung ke konten utama

49 Jenis & Macam-Macam ( Varietas ) Buah Kurma Yang Terkenal Di Dunia

49 Jenis & Macam-Macam ( Varietas ) Buah Kurma Yang Terkenal Di Dunia


Kurma adalah buah manis dari spesies tanaman berbunga yang disebut pohon palem. Kurma dapat dimakan segar seperti dipetik dari pohon atau dapat dikeringkan dan disimpan selama bertahun-tahun.

Ketika kurma dikeringkan dan dikemas dalam kantong plastik, kurma cenderung menghasilkan sirup manis yang membuat kurma tetap lembab dan lezat.

Kurma memiliki sejarah panjang. Faktanya, catatan fosil menunjukkan bahwa kurma sudah ada setidaknya selama 50 juta tahun.


Bukti arkeologis menunjukkan bahwa penanaman buah kurma telah kembali ke awal 7000 SM di mana sekarang Pakistan barat, 6000 SM di Arab timur, dan 4000 SM di Mesir Kuno, di mana mereka digunakan untuk membuat anggur dan dimakan saat panen.

Buah kurma mengandung nutrisi dan padat kalori, dikemas dengan kalium, B6, niasin dan serat, dan juga mengandung sejumlah kecil zat besi.

Lima manfaat makan kurma


Selain rasanya yang enak, kurma mengandung protein, vitamin, dan mineral. Mereka juga:

  1. Tinggi polifenol. Polifenol adalah senyawa antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari peradangan. Kurma mengandung lebih banyak polifenol daripada kebanyakan buah dan sayuran lainnya.
  2. Alternatif untuk permen kalori kosong. Kurma dapat memuaskan gigi manis seseorang sambil juga memberikan nutrisi penting, seperti vitamin B-6 dan zat besi.
  3. Tinggi serat. Hanya ¼ dari satu cangkir kurma memberikan 12 persen dari kebutuhan serat harian seseorang. Serat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama.
  4. Tinggi potasium. Kurma mengandung kalium tinggi, yang merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh untuk kesehatan jantung yang baik. Kalium juga membantu membangun otot dan protein dalam tubuh.
  5. Bagus untuk substitusi. Orang-orang dapat mengganti gula, keripik coklat, atau permen dalam resep kue dengan kurma untuk memastikan mereka mengonsumsi gula alami alih-alih gula halus.
Penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences pada tahun 2015, menyimpulkan bahwa buah-buahan ini berpotensi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Kurma kaya akan polifenol, terutama asam fenolik, sejenis fitokimia dengan sifat antiinflamasi dan antioksidan. Penelitian juga menunjukkan potensi penggunaannya dalam memerangi efek samping kemoterapi, seperti neuropati, rasa kesemutan.

Buah kurma kaya akan sumber vitamin dan mineral yang sangat kaya dan sangat bermanfaat bagi tubuh.

Fakta gizi buah kurma


Kurma sangat kaya akan vitamin B6, A, dan K. Ini membantu dalam perkembangan tulang dan meningkatkan kesehatan mata. Serat kurma meningkatkan kesehatan usus dan secara alami mengurangi kolesterol.

Buah ini juga mencegah penyakit berbahaya seperti kanker perut dan usus besar. Mineral lain seperti kalsium, zat besi, kalium, protein, mangan, magnesium, fosfor, tembaga, dan bantuan sulfur dalam fungsi tubuh secara keseluruhan.

Buah kurma meningkatkan metabolisme dan kekebalan juga. Folat baik untuk kehamilan. Thiamin (sistem saraf), niasin (kadar kolesterol), dan riboflavin (produksi energi) adalah vitamin lain yang kaya akan buah.

Jenis & Macam-Macam Buah Kurma Yang Terkenal Di Dunia


Dan berikut ini sejumlah jenis dan macam-macam buah kurma terkenal yang ada di dunia :

1.Barhi

Barhi atau Barhee adalah salah satu jenis kurma paling terkenal, yang memiliki daging tebal dan rasa yang kaya. Lebih enak jika dimakan segar daripada dikeringkan.

2.Thoory

Thoory atau Thuri terkenal di Aljazair, dan memiliki kulit yang sangat keriput dan cokelat hingga merah. Biasanya diisi dengan kacang.

3.Halawi

Halawy, Halawy atau Halwa, adalah jenis kurma yang sangat manis yang berukuran kecil dan sangat lembut, yang menjelaskan nama yang diberikan yang berarti "manis".

4.Medjool

Medjool, Medjul atau Madjool adalah kurma lembut yang manis dengan tekstur berserat dan kulit yang memiliki warna kuning ke coklat kemerahan. Ditanam di Palestina, Maroko, Arab Saudi dan Yordania.

5.Khadrawy

Khadrawy atau Khadrawi adalah kurma lunak berwarna oranye-coklat hingga coklat muda, yang dianggap salah satu yang terbaik dalam tekstur dan rasa dan lebih disukai bila dimakan segar.

6.Deglet Noor

Deglet Noor menas "Date of the Light" dan mendapatkan namanya karena pusat buah kurma terlihat keemasan atau cahaya ketika dipegang ke matahari. Manis dan setengah kering.

7.Fard

Fard atau Fardh adalah jenis buah kurma yang terkenal dengan Oman. Ini memiliki biji kecil, kulit lembut, rasa manis dan kulitnya berwarna coklat gelap.

8.Zahidi

Zahidi adalah kurma semi kering yang manis, yang memiliki kulit berwarna kuning keemasan halus. Ini berukuran sedang, silindris, memiliki daging tebal, penuh dengan sirup dan baik untuk disimpan.

9.Dayri

Dayri atau Derrie adalah buah kurma berwarna merah yang lunak dan panjang. Warnanya berubah menjadi coklat kemudian menjadi hitam, dan lembut dan manis.

10.Zaghloul

Zaghloul adalah kencan berkulit merah gelap yang sangat populer di Mesir. Itu panjang, renyah dan sangat manis.

11.Ajwa

Buah kurma ini adalah kombinasi dari varietas lembut dan kering, manis untuk dimakan dan halus di mulut. Kurma ini diketahui memiliki khasiat penyembuhan.

12.Anbara

Kurma besar ini menjadi favorit karena bentuknya yang besar, berdaging, dan berbiji kecil. Mereka juga salah satu varietas yang paling mahal. Manis, coklat, dan penuh protein.

13.Safawi

Kurma hitam ini manis, berdaging, dan dikemas dengan vitamin. Mereka lunak dan dibudidayakan di Madinah. Kurma ini dikenal karena khasiat penyembuhannya.

Jika dimakan dengan perut kosong, mereka membunuh cacing perut. Mereka juga terkenal dengan kandungan mineral yang tinggi.

14.Saghai

Kurma garing ini dibudidayakan di Riyadh. Biasanya berwarna coklat, dan kuning muda di ujungnya. Mereka berkerut tetapi tidak mengelupas.

15.Khudri

Kurma coklat tua ini kering dan manis. Mereka memiliki kulit keriput dan mungkin besar atau kecil. Mereka adalah salah satu kurma yang paling banyak diekspor karena kesegaran dan harga yang wajar. Mereka adalah salah satu kencan terbaik jika Anda ingin menyegarkan dan memberi energi.

16.Sukkari

Buah kurma ini renyah dan sangat manis; kualitas yang memberi mereka nama mereka. Ini dikenal karena penyembuhan dan sifat bergizi mereka. Mereka menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan gigi dan juga membantu menghilangkan kelelahan. Ini dibudidayakan di wilayah Al Qaseem.

17.Kholas

Kurma ini memiliki rasa karamel saat disembuhkan. Mereka lengket ketika segar dan biasanya dikonsumsi dengan kopi Arab. Mereka memiliki kulit longgar, dan mereka berasal dari daerah Al Qaseem dan Al Kharj.

18.Amir hajj / amer hajj

Buah kurma ini semi-manis, lembut dengan lubang besar, kulit tipis dan daging tebal. Tumbuh di Irak, mereka adalah kelezatan yang sering disajikan kepada para tamu, memberi mereka nama 'buah kurma pengunjung'. Kurma ini ditanam secara orisinal dan tidak sering tersedia secara komersial, alih-alih dibeli langsung dari pemasok.

19.Abid rahim

Kultivar yang ditemukan di Sudan timur, mirip dengan buah kurma Barakawi tetapi lebih panjang, lebih tipis dan lebih ringan. Di Nigeria, kurma ini disebut kurma Dabino dan biasanya digunakan oleh Muslim Nigeria untuk berbuka puasa Ramadhan mereka.

20.Barakawi

Kultivar lain dari Sudan, mirip dengan buah kurma Abid Rahim. Mereka dianggap sebagai kultivar kurma yang menguntungkan dan dalam permintaan tinggi, diekspor ke Mesir di mana mereka dikenal sebagai kurma Ibrimi atau Sakuti. Mereka adalah warna coklat kemerahan yang mendalam dengan perubahan warna kuning muda.

21.Bireir

Ditumbuhkan di Sudan dan dipuji karena kualitasnya; daging kurma Bireir menempel kuat pada biji, yang berarti mereka tetap lembut dan berair untuk waktu yang lama.

Kurma Bireir dapat dijual sebagai kue terkompresi yang disebut Agwah dan juga digunakan secara tradisional dalam produksi anggur lokal yang disebut Khumur.

22.Dabbas

Dabbas Kurma adalah salah satu varietas kurma terkecil di dunia. Berasal dari Uni Emirat Arab, warnanya cokelat keemasan dan memiliki tekstur yang lembut, halus, dan rasanya lezat.

23.Empress

Dikembangkan oleh keluarga DaVall di Indio, California, Amerika Serikat, dari semai Thoory. Kurma kurma berwarna karamel berwarna merah muda, sementara sebagian besar memiliki mahkota kuning yang khas di bagian atas buah. Rasanya sedikit kurang manis dari Medjool dan dengan tekstur lebih kenyal.

24.Ftimi atau alligue

Ditumbuhkan di oasis pedalaman Tunisia, kurma ini berwarna penuh dan berwarna mahoni.

25.Haleema / halima

Halima adalah varietas langka yang ditemukan di daerah Sokna, Hun dan Waddan di Libya tengah.

26.Hayany / hayani

Buah kurma gelap ke hitam sangat populer di Mesir tetapi tidak diekspor dari sana. California menghasilkan tanaman sederhana yang dijual segar karena cukup sulit disembuhkan.

27.Iteema

Berbagai buah kurma asli ke Aljazair. Ini adalah buah kurma yang lembut, besar, lonjong dengan warna kuning muda dan rasa yang sangat manis.

28.Kabkab

kurkab adalah salah satu varietas kurma yang lebih penting dan berlimpah di Iran selatan. Mereka panjang, oval dan sekitar 3,5-4cm dalam ukuran dan bervariasi dari warna kuning ke coklat tua tergantung pada kematangan.

Kurma Kabkab memiliki tekstur lembut, halus dan kulit keras karena lubang abu-abu panjang yang menempel pada daging. Mereka populer karena rasanya yang lezat, manis, dan manis.

29.Kenta

Biasa di Tunisia, kurma Kenta kurang manis dibandingkan varietas lainnya. Mereka memiliki warna emas terang dan tekstur semi-kering.

30.Khastawi / khusatawi / kustawy

Buah kurma lembut terkemuka di Irak, kurma Khastwai adalah kurma kecil, sirup, paling umum digunakan dalam makanan penutup.

31.Khenaizi

Buah kurma 'mewah' dari Uni Emirat Arab. Kurma Khenaizi adalah kurma berukuran sedang dan lembut dengan rasa manis yang ringan. Warnanya coklat tua, dengan tekstur yang berair dan paling enak dinikmati sebelum benar-benar kering.

32.Lulu

Variasi buah kurma lainnya dari Uni Emirat Arab. Kurma Lulu berwarna kecoklatan dan lebih manis dari kurma Khenaizi. Tidak seperti kurma Khenaizi, mereka biasanya dikonsumsi dalam tahap kering.

33.Maktoom

Kencan besar, merah-coklat, berkulit tebal, lembut, sedang-manis dari Arab Saudi.

34.Manakbir

Berbagai macam buah kurma yang matang lebih awal, tetapi dengan kerugian bahwa telapak tangan menghasilkan beberapa cabang yang berarti multiplikasi terbatas.

35.Migraf / mejraf

Buah kurma besar, emas-kuning, populer di Yaman Selatan.

36.Mgmaget ayuob

Berbagai buah kurma dari Hun, Libya.

37.Mishriq

Dari Sudan dan Arab Saudi, kurma Mishriq adalah varietas yang paling umum dan dihargai di Dar al-Manasir. Pohon Mishriq membutuhkan lebih banyak penyiraman daripada pohon palem lainnya.

38.Mazafati

Kencan berukuran sedang, gelap, lembut, berdaging dengan rasa manis dan kadar air yang relatif tinggi. Juga dikenal sebagai kurma Bam (setelah wilayah di mana kurma paling enak jenis ini ditanam), kurma Mazafati adalah salah satu dari banyak jenis kurma Iran.

Mereka mungkin merupakan jenis kurma paling populer dan terkenal, terhitung sekitar 20% dari total ekspor kurma Iran.

39.Piarom

Kencan , bulat-hitam-coklat, secara luas dianggap paling lezat dari semua varietas kurma semi-kering. Kurma Piarom, juga dikenal sebagai kurma Marayami atau 'cokelat', bisa dibilang salah satu varietas kurma semi-kering paling enak di dunia.

Unik dalam rasa dan penampilan, mereka adalah salah satu varietas kurma termahal yang tersedia, terutama karena produksinya eksklusif untuk Hajiabad.

40.Rabi

Buah kurma lembut, coklat tua, setengah kering, panjang dalam ukuran dan dengan kadar air di bawah 15%. Kurma Rabbi adalah salah satu varietas kurma terbaik yang dicintai dan paling awal.

Produksi mereka eksklusif untuk Iran, dengan kultivar ditanam di provinsi Sistan dan Baluchestan, yang dikenal menghasilkan kurma dengan kualitas tinggi.

Kurma Rabbi berada tepat di belakang kurma Stamaran, Shahani, Mazafati, dan Kabkab memiliki nilai paling ekonomis dari semua produk kurma di Iran.

41.Rotab

Rotab date adalah varietas kurma berukuran sedang, lembut dan manis. Mereka tumbuh di wilayah Bam Iran. Mereka sangat cocok untuk konsumsi segar karena umur simpan yang panjang.

42.Sag'ai

Dari Arab Saudi, kurma Sagai dikenal karena warna dan teksturnya yang kencang; mereka berwarna keemasan di pangkalan dengan sedikit kekeringan, sedangkan sisanya berwarna coklat dan lembut. Mereka kenyal, dengan rasa manis yang ringan, dan paling baik dikonsumsi dengan susu.

43.Saidy / saidi

Populer di Libya, kurma Saidy memiliki daging yang lembut dan rasa manis dan memiliki tekstur dan bentuk yang mirip dengan kurma Sekkeri.

44.Sayer

Kencan tipis, setengah kering dengan rasa yang unik, mulai dari kuning, kuning, hingga coklat kemerahan pada warna saat matang. Juga dikenal sebagai Stamaran.

Saamaran, Stamara atau Samberun kurma, mereka adalah salah satu dari banyak varietas kurma yang diproduksi di Iran, terhitung 65% dari semua kurma yang diproduksi di sana.

Mereka adalah varietas kurma utama yang diproduksi di provinsi Khuzestan dan, sebagai salah satu kurma Iran dengan kualitas terbaik, mereka memiliki nilai ekspor yang tinggi.

45.Sellaj

Terutama tumbuh di Arab Saudi, kurma Sellaj biasanya dikonsumsi ketika kurma belum sepenuhnya matang. Mereka berubah dari kuning, ke emas, menjadi coklat saat mereka dewasa.

Tekstur lembut mereka bertanggung jawab atas nama mereka, yang dalam bahasa Arab berarti 'mudah dikonsumsi'.

46.Tagyat

Variasi buah kurma umum di Libya dengan kadar air tinggi.

47.Tamej

Variasi buah kurma lainnya yang umum di Libya.

48.Thoory

Buah kurma yang manis, kering, beraroma pedas, berukuran sedang hingga besar, dengan daging keemasan-cokelat, juga dikenal sebagai 'kurma roti' karena cocok untuk dipanggang.

49.Umelkhashab

Berbagai kurma dari Arab Saudi dengan rasa yang manis dan sedikit pahit. Selain rasanya yang unik, kurma Umelkhhashab memiliki kulit merah cerah dan daging putih pahit yang keras.

Dan itulah sejumlah varietas, jenis dan macam-macam buah kurma yang ada di dunia.

Sumber :

Komentar

Posting Komentar